Hadits Ke 003 : Bertaqwalah Walau Dengan Bersedekah Sepotong Biji Kurma

Apa kabar Sahabat Dakwah Itu Mulia ? Kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Hadits Harian, Artikel Kurma, Artikel Sedekah, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

Judul : Hadits Ke 003 : Bertaqwalah Walau Dengan Bersedekah Sepotong Biji Kurma
Link : Hadits Ke 003 : Bertaqwalah Walau Dengan Bersedekah Sepotong Biji Kurma

Baca juga


Jagalah Diri Dari Api Neraka

🌺Faedah Hadits ke 003 🌺

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد.

قال النبي صلى الله عليه وسلم : اتقوا النار ولو بشق تمرة. متفق عليه.

Allahu Akbar ... Betapa indahnya syariat Islam. Tidak ada satu sebab pun yang berpotensi untuk mengantarkan manusia kepada surga dan menjauhkannya dari api neraka melainkan telah dijelaskan oleh Allah & Rasul-Nya shallallahu'alaihi wasallam. Seperti hadits ini, yang berisi anjuran bersedekah -yang merupakan sebab dijauhkan dari api neraka- meski dengan hal-hal yang dianggap remeh oleh sebagian manusia.

Bukan terbatas pada kurma saja. Akan tetapi, mencakup sedekah secara umum. Bahkan, sesuap makanan yang dibelikan suami kepada istrinya juga termasuk sedekah. Adapun penyebutan kurma dalam hadits ini adalah karena kurma merupakan makanan pokok penduduk Hijaz (Madinah, Mekah, dan sekitarnya).

Dalam riwayat lain terdapat tambahan:

فإن لم تجدوا فبكلمة طيبة

Artinya:

Bila kalian tidak memilki (sesuatu yang bisa disedekahkan meski separuh kurma) maka (jaga diri kalian dari neraka) dengan kata-kata yang baik.

Subhanallah. Ketika ada seorang peminta sedekah & kita tidak memiliki sesuatu yang bisa disedekahkan, maka jangan cerca dia dengan kata-kata yang buruk. Akan tetapi, berkatalah yang baik yang bisa menyejukkan perasaannya (karena tidak ada sedekah) karena hal itu bisa menjadi sebab kita terjaga dari api neraka.

Dan "perkataan baik" disini bersifat umum. Bisa berupa kalimat yang berisi petunjuk, atau penyelesaian sebuah permasalahan, atau perbaikan hubungan antara dua pihak yang berselisih, atau kalimat penenang bagi orang yang sedang marah, dll.

Oleh karenanya, marilah kita saling berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan selagi masih diberi kesempatan untuk beramal di dunia ini, khususnya di bulan Ramadhan nanti. Jangan malu-malu untuk bersedekah. Iringi sedekah Anda dengan rasa ikhlas hanya untuk Allah & berharap semoga Allah menerimanya sehingga bisa menjadi sebab dijauhkannya Anda dari api neraka.

اللهم إنا نسألك علما نافعا ورزقا طيبا وعملا متقبلا

اللهم إنا نسألك الجنة وما قرب إليها من عمل ونعوذ بك من النار وما قرب إليها من عمل.

والله تعالى أعلم.

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم.


🔊 Faidah Hadits 003 | Bertaqwalah Walau Dengan Bershadaqoh Sepotong Biji Qurma

👤 - 💿 Ustadz Fathul Ulum. Lc

Download Audio

https://www.dropbox.com/s/fny294tf2yxxaj0/Fawaid%20hadits%203.mp3?dl=0

Demikianlah Artikel Hadits Ke 003 : Bertaqwalah Walau Dengan Bersedekah Sepotong Biji Kurma

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel dengan alamat link https://dakwahmulia.blogspot.com/2016/05/hadits-ke-003-bertaqwalah-walau-dengan_3.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

1 Response to "Hadits Ke 003 : Bertaqwalah Walau Dengan Bersedekah Sepotong Biji Kurma"