Hadits Ke 005 : Bertaqwa dan Sambunglah Tali Silaturahim Diantara Kalian

Apa kabar Sahabat Dakwah Itu Mulia ? Kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Hadits Harian, Artikel Tali Silaturahim, Artikel Taqwa, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

Judul : Hadits Ke 005 : Bertaqwa dan Sambunglah Tali Silaturahim Diantara Kalian
Link : Hadits Ke 005 : Bertaqwa dan Sambunglah Tali Silaturahim Diantara Kalian

Baca juga




🌺Faedah Hadits ke 005 🌺

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد.

قال النبي صلى الله عليه وسلم: اتقوا الله وصلوا أرحامكم. حسنه الشيخ الألباني في صحيح الجامع.

Hadits ini semakna dengan firman Allah:

"Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim." (Qs. An-Nisa: 1)

Dalam ayat ini Allah memanggil seluruh manusia, mengingatkan asal penciptaan mereka, kemudian memerintahkan agar bertakwa kepada Allah, Rabb yang menciptakan mereka & keturunannya, serta perintah agar bersilaturahim kepada mereka yang masih memiliki keterikatan/hubungan nasab.

Setelah Allah memperlihatkan kebesaran-Nya dalam hal penciptaan makhluk & memerintahkan mereka agar bertakwa & silaturahim, Allah menegaskan bahwa Dia Maha Mengawasi seluruh perbuatan mereka, baik berupa ketaatan terhadap perintah-Nya maupun berpaling darinya & melalaikannya.

Terdapat banyak ayat & hadits yang memaparkan pentingnya silaturahim dan bahaya memutusnya. Bahkan, kalau kita mau membaca sejarah kehidupan Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam, maka kita akan mendapati bahwa Beliau sangat memperhatikan masalah ini & memanfaatkannya sebagai sarana dakwah ilallah.

Dalam masalah ini, manusia terbagi menjadi 3: penyambung, pemutus, dan mukafi (bersilaturahim dalam rangka membalas kebaikan yang pernah diberikan kepadanya).

Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda: "Mukafi tidaklah dikatakan bersilaturahim (yang sebenarnya). Akan tetapi, sebenar-benarnya silaturahim adalah disaat diputus hubungannya, dia terus bersilaturahim. (H.R al Bukhari)

Silaturahim merupakan amalan yang pahalanya disegerakan oleh Allah. Bahkan, merupakan sebab dilapangkannya rezeki, dipanjangkan umur, dan masuk kedalam surga.

Dan cukuplah sebagai keutamaan tatkala Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam menyifati orang yang bersilaturahim sebagai orang yang beriman kepada Allah & hari akhir.

Sungguh indah, tatkala silaturahmi yang kita lakukan berbuah hidayah. Yaitu kerabat kita mendapatkan hidayah, mengenal tauhid dan sunnah. Oleh karenanya, jangan sia-siakan kerabat Anda. Bukalah pintu surga melalui silaturahmi.

أسأل الله الكريم رب العرش العظيم أن يهدينا إلى حسن الخلق وأن يجنبنا من سيء الخلق.

والله تعالى أعلم.

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك.

وصلى الله وسلم على رسولنا الكريم وعلى آله وصحبه أجمعين.


🔊 Faidah Hadits 005 | Sambunglah Tali Silaturahim Diantara Kalian

👤 - 💿 Ustadz Fathul Ulum. Lc

Download Audio

https://www.dropbox.com/s/ow8ep57pme0al84/Fawaid%20hadits%205.mp3?dl=0

Demikianlah Artikel Hadits Ke 005 : Bertaqwa dan Sambunglah Tali Silaturahim Diantara Kalian

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel dengan alamat link https://dakwahmulia.blogspot.com/2016/05/hadits-ke-005-bertaqwa-dan-sambunglah_5.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Hadits Ke 005 : Bertaqwa dan Sambunglah Tali Silaturahim Diantara Kalian"

Posting Komentar